Mari Mengenal Papua

Papua
Mari Mengenal Papua.Ironis memang bila sudah hampir dua tahun saya tinggal dibumi Papua ini,tak mengenalkannya lebih dekat pada sahabat. 
Pulau Papua adalah pulau yang mempunyai segudang keunikan budaya,tradisi masyarakatnya juga kelebihan dari kebiasaan masyarakatnya.Keindahan alam yang mempesona,menarik Cinta Deras untuk mengenalkannya lebih dekat. Mari Mengenal Papua.

Papua adalah sebuah propinsi terluas di Indonesia yang terletak di bagian timur Indonesia.Propinsi yang dulu bernama Irian Barat ini berbatasan langsung dengan Papua New Guinea,yang dulunya masuk sebagai bagian dari NKRI.Kekayaan alam yang berlimpah,ditambah dengan banyaknya ragam suku dan budaya, menjadikan propinsi ini sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia dan sebagai salah satu tempat terindah di dunia.

Koteka
Papua memiliki keunikan budaya dan tradisi beragam yang menjadi ciri khasnya,seperti noken,saly,honay,koteka,ukiran dsb.Meski kemajuan pembangunan dan informasi telah menempatkan keunikan-keunikan itu sebagai sesuatu ketertinggalan,tetapi memberi makna sebagai kearifan budaya dan tradisi lokal.Papua juga adalah sebuah pulau dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi dan kaya akan potensi bahari.Seperti Papua pada umumnya,disini terdapat suatu budaya ataupun tradisi yang sangat unik dan masih hidup sampai sekarang yang berbeda dengan pulau-pulau lain di Indonesia.Mari ke TKP saja:


1.Molo
Molo
Molo dalam bahasa Papua berarti menyelam ke dalam laut sambil membawa senapan berbahan kayu lengkap dengan ujung besi tajam dan di bagian belakangnya dililit oleh sehekai senar tanpa menggunakan alat bantu pernapasan sedikit pun.Kegiatan Molo ini dilakukan oleh masyarakat Papua pada malam hari,hal ini dilalkukan karena malam hari ikan-ikan lagi tertidur hingga mudah dalam penangkapannya.


2.Bakar Batu
Bakar BatuTradisi Bakar Batu ini merupakn satu ritual tradisional yang berfungsi sebagai ucapan syukur atau berkah,tradisi Bakar Batu ini telah berlaku turun temurun pada masyarakat Papua,di Biak tradisi Bakar Batu disebut Barapen.
Tradisi Bakar Batu ini biasa dilakukan saat pernikahan,penyambutan tamu istimewa,upacara kematian sampai pada bukti perdamaian antar suku.Untuk memulai tradisi ini para warga akan melakukan kumpul warga,mereka akan menyiapkan kayu bakar,batu untuk memasak dan bahan yang akan dibakar,mulai dari babi sampi sayuran akan melengkapi pesta ini.

3. Sarang Semut
Mencari Sarang Semut
Kelebihan dari Papua adalah Sarang Semut Papua.Masyarakat Papua mempunyai kebiasaan yang sangat unik,kaum pria disini akan mencari sarang semut,mereka akan menfaatkan sarang semut tersebut,karena khasiatnya yang bisa menjadi obat herbal untuk pengobatan yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya,seperti kanker,tumor,asam urat,jantung koroner,wasir,TBC,migran dan leukemia.



4. Bentuk Pulau Papua
Peta Papua
Papua dengan segudang keistimewaan ternyata masih menyimpan keunikan dari bentuk pulaunya yang menyerupai burung rajawali.Bentuknya sahabat bisa lihat saat melihat sebuah peta dari kejauhan yang sangat terlihat jelas seperti burung lengkap dengan kepalanya.


5.  Kangguru Papua
Kanguru Tanah
Ternyata tak hanya di Australia saja,di Papua juga terdapat Kangguru,jenis kangguru di Papua malah lebih beragam.Kangguru Papua memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia.Kangguru Papua terdiri atas dua jenis yaitu dendrolagus (Kangguru Pohon) dan thylogale(Kangguru Tanah). Kedua jenis Kangguru tersebut  kini sudah mulai langka dan termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan.


Kanguru Pohon
Perbedaan dari kedua Kanguru Papua ini dapat dibedakan dari moncongnya,lebih runcing untuk kanguru pohon dan lebih bulat untuk kanguru tanah.Ekornya agak panjang dan bulat,berbulu lebat dari pangkal sampai ekornya.Sedangkan pada kangguru darat kedua kaki depannya lebih pendek dari pada kaki belakangnya,cakarnya pun lebih kecil.Sayangnya kedua jenis Kangguru tersebut  kini sudah mulai langka dan termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan.

Sebenarnya masih banyak keunikan yang dimiliki Papua ini,antanya Gunung Bersalju Indonesia,Gunung Puncak Jaya Wijaya.Gunung ini adalah gunung satu-satunya yang mempunyai gletser tropika di Indonesia.Potensi Raja Ampat dengan segala kemolekannya,tapi itu nanti bagian dari kunjungan sahabat ke Papua ini.
Semoga ada manfaat untuk pengetahuan dan tentunya ada nilai tambah untuk Papua dari postingan ini.
Happy Blogging.

Penulis : Raihan Marie Ramadhan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mari Mengenal Papua ini dipublish oleh Raihan Marie Ramadhan pada hari Monday, February 13, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 11 komentar: di postingan Mari Mengenal Papua
 

11 komentar:

  1. Salah satu tempat yg ingin ane liat secara langsung ni gan.. sayangnya sampe sekarang cuma bisa liat foto2 doank.. pemandangannya indah2..
    btw, nyelem malem2.. mmg ikannya keliatan ya gan?

    ReplyDelete
  2. PAPUA memang indah bangetttt.....
    nice share sobat and happy blogging sob

    ReplyDelete
  3. waaah.. mantaaaaaaabbs.. salah satu mimpi ane adalah bisa menjelajahi bumi papua.. nice share sob :)

    ReplyDelete
  4. @Santai Coi
    Ya kahan pake batre(senter) sop,ada batre khusus untuk menyelam.

    @Falah Mulyana
    Memang benar sop,dan keindahan ini tak dimiliki pulau lain.

    @Ahmad Zuhdi
    Ditunggu kawan yach,mumpung ane masih disini,hehe.

    @ALL
    Makasih sudah bisa berbagi disini,happy blogging.

    ReplyDelete
  5. jadi kepengen nih jalan-jalan ke papua sobat, pasti banyak beragam budaya di papua yach sobat...

    ReplyDelete
  6. Kalo ingat Papua....jadi ingat something nih. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  7. @Asis Sugianto
    Ditunggu sahabat,dari Makasar tinggal melangkah saja ko,hehe.
    Thanks ya,happy blogging.

    @Reisya Ramadanti
    Pasti ingat Raja Ampat khan?
    Kembali kasih Non Reisya,happy blogging.

    ReplyDelete
  8. msh bnyk yg unik dr Papua 'Nap'... (isitilah jadul dr papua, yg artix Teman)

    ada satu lagi yg kurang kayakx pace.., waktu sy kost di sorong dlu ada kebiasan sama2 teman yg namax 'BALOBE'.., BALOBE i2 mencari ikan dgn berjalan perlahan2 di kali yg dangkal, airx setinggi mata kaki, yg pling dlm i2 sampai setengah betis & dilakukan dimalam hari, dgn membawa 'Ret' (isitilah papua, sejenis tombak) & lampu petromax *lampu jadul..,

    Tradisi bakar batu itu org papua dorang isitilahkan dgn 'BAROPEN', sy prnah bantu dorang bikin 'Baropen' waktu i2 isix kaladi, kasbi lalu makanx campur rica2 *logat papua made On heheh...

    mengenai Kangguru.., mgkn yg pace maksud i2 adalah 'Kus-kus', sependeksepengetahuan sy sebagian org papua tdk menamakanx dgn kangguru mgkn cz perbedaan yg jauh antara keduax..,

    tp ada satu pace yg susah dilupakan, makananx 'Papeda', tdk pake sendok tinggal di isap saja + rica2 :D

    RINDU papua Selalu...!! :(

    ReplyDelete
  9. @Rohis Facebook
    Dong Rohis khan su tinggal di Papua,pantas bila suka papeda,hehe.
    Waah ane kalah saik nieh kawan sama bahasamu.Makasih masukannya,semoga bermanfaat tuk semuanya,happy blogging.

    ReplyDelete
  10. Wah.. ane kira pake tombak doank gan.. g pake alat laen.. ehehehe

    ReplyDelete
  11. wah, nambah ilmu lagi ni tentang Papua..saat ini saya lagi seneng banget sama lagu Pay yang tentang Papua, Papua dalam Cinta :)

    ReplyDelete

Cinta selalu menarik untuk dibahas dan dikupas, walau cinta kadang membingungkan seperti teka-teki silang !

Google+ Followers