Taman Nasional Gunung Halimun

Taman Nasional Gunung HalimunPesona Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Keganasan dan kemisterian Gunung Salak Bogor ceritanya telah mewarnai berbagai media masa. Ditambah Tragedi Shukoi yang terbilang paling banyak memakan korban, lengkap sudah bila Gunung Salak menyeramkan dan menakutkan. Meski demikian kita masih berharap dan berdoa semoga ada keajaiban untuk penumpang Shukoi yang belum diketemukan tim SAR, Amin.

Sahabat tahu bahwa tak selamanya Gunung Salak menakutkan dan menyeramkan,di Gunung Salak ini ternyata ada areal untuk Wisata Alam yang disebut Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sahabat bisa menikmati keanegaraman hayati dan keramah-tamahan penduduknya. Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah salah satu taman nasional yang yang berada di lahan seluas 113.357 hektare. Taman Nasional ini menjadi penting karena melindungi hutan hujan dataran rendah yang terluas di daerah ini, dan sebagai wilayah tangkapan air bagi kabupaten-kabupaten di sekelilingnya, termasuk hewan-hewan penghuninya.

Keindahan alam juga keanekaragaman hayati yang dikandung kawasan konservasi ini terbilang cukup tinggi, ada pakis, puspa, palem soliter hingga damar yang dilindungi oleh negara. Bagi penggemar fauna, hewan cantik dan langka ada disini seperti elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, surili dan lain-lain, meski mereka muncul dalam keadaan tertentu. Bila beruntung sahabat bisa melihat tumbuhan jamur yang bersinar dikegelapan.

Wilayah Gunung Halimun telah ditetapkan menjadi hutan lindung semenjak tahun 1924, luasnya ketika itu 39.941 ha. Kemudian pada 1935 kawasan hutan ini diubah statusnya menjadi Cagar Alam Gunung Halimun. Status cagar alam ini bertahan hingga tahun 1992, ketika kawasan ini ditetapkan menjadi Taman Nasional Gunung Halimun dengan luas 40.000 ha, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 282/Kpts-II/1992 tanggal 28 Februari 1992. Sampai dengan lima tahun kemudian, taman nasional yang baru ini pengelolaannya ‘dititipkan’ kepada Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang wilayahnya berdekatan. Baru kemudian pada 23 Maret 1997, taman nasional ini memiliki unit pengelolaan yang tersendiri sebagai Balai Taman Nasional Gunung Halimun.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Gunung_Halimun_Salak
http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_halimun.htm

Penulis : Raihan Marie Ramadhan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Taman Nasional Gunung Halimun ini dipublish oleh Raihan Marie Ramadhan pada hari Saturday, May 12, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 7 komentar: di postingan Taman Nasional Gunung Halimun
 

7 komentar:

  1. tragedi Sukhoi 100 semakin menambah keangkeran taman nasional halimun, namun dibalik semua musibah tentu ada hikmah yang tersembunyi, dan semoga keluarga para korban diberi kekuatan dan ketabahan menghadapi semua ini ..

    ReplyDelete
  2. Ntar kalo ada rejeki insyaallah aku mau mau kesana bang..amien.

    ReplyDelete
  3. @BlogS of Hariyanto
    Yup,selayaknya kita senantiasa ngambil pelajaran dari apa yang telah terjadi,semoga amin.Makasih kawan,happy blogging.

    @Icahbanjarmasin
    9 taon ane hidup di Bogor sop,tapi baru tau sekarang ada TNGHS ini,hehe. Kita bareng-bareng nanti sop, Insya Alloh.
    Thanks ya,happy blogging.

    ReplyDelete
  4. kyknya asik tuh berlibur kesitu...
    BTW, pa kabar sob?

    ReplyDelete
  5. @Penghuni 60
    Kesejukan dan keindahan yang ditawarkan TNGHS akan membuat kita betah berlama-lama.Mari kita berlibur sop.
    Thanks ya,happy blogging.

    ReplyDelete
  6. wilayah hutan lindung halimun yang mempesona sekaligus bikin dag dig dug dengan reputasinya sebagai landasan pesawat jatuh...nice share and happy blogging!

    ReplyDelete
  7. Yang sepanjang saya ketahui gunung salak termasuk gunung yang banyak misterinya...?
    Yang saya yakini bahwasannya hal-hal ghoib ada di dunia ini.

    Dengan membaca artikel dia atas menambah pengetahuan saya sahabat mengenai taman nasional halimun.

    ReplyDelete

Cinta selalu menarik untuk dibahas dan dikupas, walau cinta kadang membingungkan seperti teka-teki silang !

Google+ Followers