cara-menghasilkan-uang-di-facebook-1

Menghasilkan uang dari Facebook memang tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Apabila kita melihat jumlah pengguna aktif Facebook yang sudah mencapai lebih dari dua milyar per bulannya, memang bisa menjadi target market yang sangat menggiurkan.

Nah, oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan berbagai cara untuk menghasilkan uang di Facebook dengan beberapa langkah mudah yang ada dibawah ini:
  1. Menjual Produk di Grup Facebook
  2. Memanfaatkan Fanspage Facebook untuk Berjualan
  3. Memanfaatkan Fanspage Facebook untuk Mendapatkan Trafik ke Website
  4. Membuat Grup Facebook
  5. Membuat Facebook Ads
  6. Memonetisasi Fanspage Facebook
  7. Menghubungkan Akun Shopify ke Fanspage Facebook
  8. Mengelola Akun Facebook Orang Lain
  9. Menjadi Influencer
  10. Membuka Jasa Titip (JasTip)
Semua poin di atas akan kita bahas satu persatu secara lengkap di bawah ini.

10 Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

menghasilkan uang dari facebook

Menghasilkan uang di internet memang sedang populer di zaman sekarang. Media sosial yang dulunya hanya sebatas digunakan untuk bertukar pesan saja, sekarang juga bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan uang.

Mungkin untuk beberapa sudah tidak asing lagi dengan kegiatan berjualan barang baru atau bekas di grup Facebook. Tapi ternyata, cara menghasilkan uang di Facebook tidak hanya sebatas berjualan saja, loh.

Dibawah ini kami sudah memberikan beberapa cara mudah untuk menghasilkan uang di Facebook yang bisa kita ikuti.

1. Menjual Produk di Grup Facebook

promosi produk di grup jual beli

Cara menghasilkan uang di Facebook yang pertama ini, mungkin sudah tidak asing lagi buat kita, karena cara ini sangat populer. Apabila kita memiliki barang untuk dijual, maka kita bisa bergabung ke dalam grup yang ada di Facebook. Ada dua jenis group Facebook yang bisa kita pakai untuk berjualan, yaitu grup dengan topik tertentu saja dan forum khusus untuk jual beli barang.

Contohnya saja, apabila kita ingin menjual Smartphone bekas, maka kita bisa bergabung ke grup yang memang aktif membahas informasi terkait smartphone. Atau kita ingin menjual sepatu, maka kita bisa bergabung dengan grup jual beli pakaian.

Apabila kita ingin menjual barang yang bersifat umum (tidak ada grup khusus atau komunitas tertentu), bergabung saja ke grup daerah yang buat khusus untuk jual beli barang apa saja. Misalnya, “Forum Jual Beli Bandung”. Didalam Grup ini kita bisa menjual barang apapun, selama lokasi penjualan dan pembelian masih berada di kota Bandung.

Ingat, walaupun kita bisa menjual apapun di dalam grup Facebook. Tapi tetap ada peraturan tentang apa saja yang di perbolehkan dan tidak boleh dijual didalam grup Facebook. Kita bisa membaca peraturan lengkapnya disini.

2. Memanfaatkan Fanspage Facebook untuk Berjualan

promosi melalui fanspage

Selain berjualan di grup, dengan membuat fanspage toko online di Facebook juga merupakan salah satu cara yang sering dilakukan oleh pebisnis untuk mempromosikan bisnis online mereka di Facebook.

Dengan membuat fanspage khusus toko online ini, maka bisnis kita akan terlihat lebih profesional dan terpercaya dimata calon pembeli. Selain itu, kita juga bisa mempromosikan bisnis online kita dengan iklan Facebook Ads di fanspage kita (Selengkapnya, akan kita bahas di poin nomor empat yang ada di bawah).

Dengan menggunakan fanspage Facebook untuk toko online ini, kita bisa menjual barang hasil produksi sendiri, melakukan dropship, atau menjadi reseller produk orang lain.

Dropship adalah bisnis relatif minim modal yang bisa dilakukan oleh siapa saja, yang di mana penjual atau seorang dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu atau melakukan stok barang.

Sebab, apabila kita memiliki pesanan produk, maka kita bisa langsung meneruskan pesanan tersebut kepada pihak marketing atau pemilik produk tersebut. Pihak disini bisa sebagai produsen, distributor, atau seorang supplier. Lalu, pihak tersebut yang akan langsung mengirimkan barang pesanan itu ke alamat konsumen, tapi menggunakan nama kita sebagai pengirimnya.

Sedangkan untuk reseller, kita harus membeli terlebih dahulu produk pesanan tersebut dari pihak lain selaku pemilik produknya. kemudian, kita menjualnya kembali ke konsumen. Untuk menjadi seorang reseller itu, kita harus memiliki stok barang yang ingin kita jual. Karena reseller harus langsung mengirimkannya sendiri apabila ada pesanan dari konsumen.

3. Memanfaatkan Fanspage Facebook untuk Menarik Visitor ke Website

mendapatkan visitor melalui fanspage

Selain bisa kita gunakan untuk berjualan, Fanspage Facebook juga memiliki banyak manfaat yang lainnya, loh. Salah satunya bisa kita manfaatkan untuk menarik visitor ke website milik kita.

Setelah memiliki fanspage, maka kita harus mempromosikannya. Kita bisa memulainya dengan mengundang teman Facebook yang berteman di akun kita. Lalu, meminta bantuan kepada mereka untuk mengundang temannya lainnya yang memiliki ketertarikan terhadap topik yang dibahas pada Fanspage kita.

Nah, apabila Fanspage kita sudah memiliki beberapa follower dengan menggunakan cara promosi di atas. Maka kita sudah bisa untuk mulai membagikan konten berkualitas dan tentunya bermanfaat, yang bersumber dari website yang kita miliki. Pastikan juga kalau kita aktif di Fanspage tersebut dengan menjawab setiap pertanyaan dan membalas berbagai komentar yang masuk.

Semakin aktif berinteraksi dengan followers Fanspage kita, maka akan semakin banyak juga visitor yang berkunjung ke website, dan tambah banyak juga orang-orang yang mengetahui semua yang ditawarkan pada website kita tersebut. Sehingga bisa meningkatkan brand awareness dan tentu saja, hal ini juga akan meningkatkan kesempatan kita untuk menambah penghasilan uang dari website.

Namun supaya brand awareness bisa meningkat, maka harus diimbangi dengan produk yang sesuai dengan target pasar kita. Jadi, disini kita harus memastikan bahwa produknya sudah bagus. Sebab, produk yang bagus dan didukung dengan awareness tinggi kemungkinan besar penjualannya juga akan bagus.

4. Membuat Grup Facebook

buat grup untuk bisnis dan usaha

Kita bisa membuat grup Facebook yang membahas mengenai topik dari produk yang kita jual. Jadi, nantinya grup ini akan bersifat selayaknya forum atau sebuah komunitas online untuk berkumpul dan berdiskusi bersama.

Usahakan kita sebagai pemilik grup tersebut selalu berinteraksi dengan para anggotanya supaya grup selalu aktif. Kita bisa mulai mematik interaksi dengan bertanya, menjawab atau berbagi konten yang terkait. Selain itu, kita bisa membuat mereka betah berada di grup, dan hal ini juga bisa membuat grup yang kita kelola sebagai grup yang terpercaya terkait topik tersebut.

Namun, kita sebagai pemilik grup harus menyaring terlebih dahulu pertanyaan dan jawaban yang ada. Jangan sampai membiarkan topik pembahasan melenceng atau terjadi debat antar anggota yang tidak berguna.

Nah, sesekali kita juga bisa menjawab pertanyaan dengan menyarankan produk yang kita miliki sebagai solusi untuk permasalahan mereka. Tapi, disini juga kita jangan terlalu sering melakukan promo, karena promosi yang berlebihan justru tidak akan disukai oleh calon konsumen kita.

5. Membuat Facebook Ads

promosi melalui facebook ads

Berbeda dari tiga cara yang ada di atas, untuk membuat Facebook Ads ini kita membutuhkan modal. Sebab, Facebook Ads merupakan platform periklanan yang akan ditujukan kepada para pengguna Facebook. Namun untuk membuat iklan di Facebook, kita tidak membutuhkan banyak modal, loh. Mulai dari Rp 10.000,- kita sudah bisa memasang iklan di Facebook.

Jadi, dengan kita membuat Facebook Ads ini, maka kita akan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari menentukan target iklan yang spesifik, re-marketing, sampai mengumpulkan leads.

6. Memonetisasi Fanspage Facebook

monetisasi fanspage

Cara menghasilkan uang dari fanspage Facebook yang lainnya adalah dengan melakukan monetisasi pada fanspage. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan Iklan In-Stream.

Iklan In-Stream adalah iklan pendek yang bisa dimasukkan ke dalam konten video yang kita unggah di Fanspage, selayaknya iklan yang ada di YouTube.

Disini kita bisa memonetisasi Fanspage dengan topik apapun, selagi tidak melanggar kebijakan dan peraturan Facebook. Hanya saja, sebelum kita memonetisasi video Fanspage, pastikan terlebih dahulu kalau video yang kita posting adalah video yang original. Sebab, apabila kita mengambil video dari sumber lain, maka Fanspage yang kita miliki tidak bisa di monetisasi karena adanya pelanggaran hak cipta yang ada di dalam video tersebut.

Selain harus original, video kita juga harus relevan dengan topik Fanspage. Sehingga video yang kita unggah bisa memancing diskusi dan engagement. Efeknya, video tersebut bisa populer, iklan bisa dilihat oleh banyak orang, dan kita bisa menghasilkan uang yang lebih banyak.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum kita bisa memonetisasi dan memasang Iklan In-Stream di Fanspage milik kita. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

Syarat Monetisasi Fanspage

  1. Fanpage setidaknya harus memiliki 10.000 pengikut
  2. Mendapatkan minimal 30.000 tayangan selama 1 menit dalam 60 hari terakhir untuk video berdurasi 3 menit
  3. Memenuhi standar kelayakan monetisasi Fanspage
Apabila Fanspage yang kita miliki sudah memenuhi semua persyaratan tersebut, maka kita sudah bisa mendaftarkan Fanspage kita disini, untuk di monetisasi dan mulai menghasilkan uang di Facebook.

7. Menghubungkan Akun Shopify ke Fanspage Facebook

hubungkan akun shopify ke fanspage

Shopify adalah ecommerce web builder berbayar yang berguna untuk membuat toko online, dari manajemen produk, inventaris harga, pembayaran, hingga shipping.

Apabila kita ingin membuat toko online dan sekalian menentukan target audiens di Facebook, maka cara yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

Dengan menghubungkan akun Shopify kita ke Fanspage, bisa memberikan banyak manfaat, loh. Beberapa di antaranya adalah bisa memanfaatkan Messenger untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen, integrasi penuh dengan Facebook Mobile, dan tentu saja bisa membangun komunitas aktif di Fanspage.

8. Mengelola Akun Facebook Orang Lain

joki akun

Pekerjaan mengelola akun Facebook orang lain ini bisa termasuk ke dalam beberapa jenis. Tergantung jenisnya, kita bisa menjadikannya sebagai pekerjaan full-time, loh.

Pertama, kita bisa bekerja menjadi seorang admin Facebook di olshop yang tidak terlalu besar. Untuk tugas kita disini cukup simpel, karena umumnya hanya sebatas menjadi admin grup saja. Kita tidak memerlukan keahlian khusus, seperti paham social media marketing, Facebook ads, Facebook marketing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain menjadi admin olshop, ada juga bentuk lain dari pekerjaan yang satu ini, yaitu Social Media Specialist. Jenis pekerjaan ini bisa kita jadikan sebagai pekerjaan full-time, karena membutuhkan keahlian khusus, dan tentunya bayarannya juga sangat besar.

9. Menjadi Influencer

menjadi influencer

Influencer tidak hanya sebatas pada Instagram atau YouTube saja, lho. Facebook juga bisa kita jadikan alternatif media sosial lain bagi kita yang ingin menjadi bintang di internet.

Karena berdasarkan penelitian, Facebook berada di posisi ke dua sebagai pasar terbaik untuk influencer. Sehingga, menjadi influencer di Facebook juga bisa menjadi kesempatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Cara menjadi influencer Facebook juga tidak jauh beda dengan kedua media sosial itu. Kita hanya perlu membuat konten yang unik dan original, kemudian kita postingkan di Facebook secara rutin.

Setelah membangun reputasi dan audiens pada Fanspage pribadi, maka kita sudah bisa memasang tarif untuk endorsement atau postingan bersponsor. Kita juga bisa memulai berjualan produk (seperti yang sudah kita bahas pada poin nomor dua yang ada di atas). Dengan memiliki audiens yang sudah berhasil kita bangun, untuk mendapatkan profit dengan cara berjualan produk bisa menjadi jauh lebih mudah daripada kita harus melakukan promosi dari nol.

10. Membuka Jasa Titip (JasTip)

jasa titip atau jastip

Apabila kita menyukai traveling ke sana ke mari, kenapa kita tidak sekalian membuka JasTip atau jasa titip saja? Selain memiliki potensi profit yang cukup besar dan sangat menggiurkan, jasa titip ini juga memiliki kelebihan lain, loh. Mulai dari tidak memerlukan modal karena kita menerima pembayaran penuh di muka atau diawal, sampai bisa mendapatkan bonus barang apabila ada promo “Buy 1 Get 1 Free.”

Pada umumnya, kita bisa memasang fee sekitar 10%-15% dari harga barang yang dititipkan kepada kita. Namun, kita juga bisa memasang fee lebih apabila barang yang dititipkan memang langka dan stoknya terbatas.

Sudah Siap untuk Menghasilkan Uang dari Facebook?

Cara menghasilkan uang dari Facebook yang ada di atas memang mudah untuk kita lakukan. Tapi, untuk benar-benar bisa mendapatkan uang dari Facebook itu tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Selain memiliki banyak pesaing, Facebook juga cukup ketat karena kebijakan monetisasi nya.

Namun, selama kita memiliki keinginan dan niat, pasti akan selalu ada jalan. Asal produk yang kita tawarkan unik dan bisa berhasil membuat audiens tertarik, maka kita bisa menghasilkan uang dari Facebook dengan semua cara yang ada di atas.