cara-sukses-usaha-pakaian

Sebenarnya ada banyak sekali peluang yang bisa kita jadikan sebagai ide untuk memulai bisnis. Salah satu peluang bisnis dengan prospek yang menjanjikan dan tidak pernah sepi oleh pembeli adalah bisnis pakaian.

Dunia fashion yang selalu berkembang pesat membuat bisnis di bidang yang satu ini tidak pernah ada tandingannya. Jika kita ingin memulai bisnis yang mudah dan memiliki target pasar yang luas, bisnis pakaian ini bisa menjadi solusi dan pilihan untuk kita.

Apabila tertarik dengan bisnis yang satu ini, jangan langsung untuk memulainya. Siapkan semua yang diperlukan, mulai dari pemahaman, strategi, sampai modal untuk memulai bisnis pakaian, agar usaha pakaian kita bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala, stabil, dan bisa bertahan lama.

Tips Memulai Bisnis dan Usaha Pakaian

tips memulai bisnis usaha pakaian

Berikut ini merupakan 10 tips supaya usaha pakaian kita bisa berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan keinginan kita.

1. Menentukan Jenis Pakaian yang Ingin Dijual

Pakaian seperti apa yang akan kita jual nanti? Pikirkan hal tersebut sebelum kita memulai bisnis pakaian supaya bisa menyesuaikannya dengan target pasar bisnis kita. Tulis semua ide yang kita miliki, karena hal itu bisa menjadi bahan ketika kita ada kesulitan dan kehabisan ide dalam berjualan ketika usaha pakaian kita sudah mulai berjalan.

Cara mudah untuk memperoleh ide bisnis adalah dengan mengikuti keinginan kita, atau menjual sesuatu yang kita sukai dan laris di pasaran. Kita juga bisa melakukan riset atau survey kecil melalui internet fungsinya untuk melihat tren fashion seperti apa yang nge-hitz dan sedang populer serta banyak diminati pasar saat ini.

2. Mempelajari Berbagai Jenis Pakaian dan Bahan yang Digunakan

Di era digital seperti saat ini, hampir semua toko sudah tersedia melalui online. Jika kita ingin menjalankan bisnis melalui online, penting untuk kita pelajari perbedaan dari jenis kain dan model pakaian supaya kita tidak salah saat membuat deskripsi barang jualan kita.

Apabila kesalahan ini sampai terjadi, maka pembeli akan merasa kecewa karena pakaian yang mereka beli tidak sesuai dengan barang yang kita kirimkan.

Jadi, pelajari terlebih dahulu deskripsikan pakaian yang akan kita jual sejelas mungkin supaya tidak terjadi miskomunikasi dengan pelanggan kita.

3. Mencari Supplier Bisnis Pakaian yang Terpercaya

Hal yang satu ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Disini kita memerlukan ketekunan, keuletan, dan tentunya hati-hati untuk menentukan supplier mana yang tepat untuk bisnis pakaian kita.

Sebaiknya kita mencari supplier yang meyakinkan, yang bisa dan bersedia untuk menjelaskan secara detail tentang barang mereka kepada kita dan kualitasnya juga terjamin. Ditahap ini yang susah adalah mengajak supplier untuk bekerja sama dengan kita.

Ada supplier yang mudah diajak kerja sama namun range harganya terlalu mahal, sementara ada juga yang mematok harga lebih murah tapi sulit untuk kita ajak bermitra. Jangan terburu-buru, skill kita dalam bernegosiasi akan diuji disini.

4. Menentukan Sistem Berjualan

Untuk tahap yang selanjutnya, tentukan sistem berjualan yang ingin kita lakukan dalam usaha pakaian kita. Apabila kita termasuk seorang pemula dengan memiliki modal yang minim, maka kita bisa memulai bisnis pakaian dengan berjualan sebagai dropshipper terlebih dahulu.

Apabila kita sudah memiliki modal yang cukup, kita bisa mempertimbangkan kembali untuk menjadi reseller. Walaupun sistemnya sama saja yaitu menjual barang orang lain, tetapi kedua sistem penjualan tersebut berbeda, loh.

Karena dropshipper hanya mempromosikan barang orang melalui nama kita, sedangkan menjadi reseller kita harus melakukan stocking barang terlebih dahulu secara online.

5. Melakukan Branding

Cara mudah untuk melakukan branding adalah dengan memanfaatkan media sosial dan website khusus bisnis kita.

Apabila kamu belum memiliki website bisnis sendiri, kamu bisa menghubungi salah satu admin disini dan melakukan pemesanan website untuk bisnis dengan harga yang sangat murah.

Kemudian, melakukan branding untuk mempertahankan eksistensi bisnis pakaian kita. Pilih nama bisnis yang mudah diingat serta mempertahankan pelayanan dan kualitas pakaian yang kita jual.

Selain bisa membuat pembeli mudah menemukan bisnis pakaian kita, nama juga bisa menjadi media promosi. Banyaknya saingan di bidang pakaian yang bisa membuat bisnis kita mudah tenggelam karena nama brand kita terlalu sulit untuk diingat oleh konsumen.

6. Membuka Toko Pakaian Offline

Apabila modal modal kita dirasa sudah mencukupi, maka kita sudah bisa untuk langsung mulai membuka toko offline sebagai tempat usaha jual beli pakaian. Jika modal kita masih belum cukup, maka kita bisa memulai bisnis pakaian dari toko yang kecil namun terlihat menarik.

Gunakan kreativitas kita untuk mendesain toko yang cantik dan menarik supaya bisa mendatangkan pelanggan yang lebih banyak. Sebenarnya kita juga bisa memilih untuk membuka toko online dulu baru membuka toko dalam bentuk fisik atau tidak, semuanya tergantung modal dan kesiapan dari kita.

7. Memperluas Bisnis Pakaian

Kita bisa memperluas bisnis pakaian yang kita miliki. Tentukan, apakah kita akan terus menjadi distributor saja atau ingin mulai memproduksi sendiri. Walaupun membeli dari supplier tidak serumit saat memproduksi sendiri, namun memproduksi pakaian sendiri bisa jauh lebih efisien dari segi biaya distribusi.

Jadi, analisa terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari semua pilihan tersebut, lalu kita bisa menentukan pilihan sendiri.

8. Melipatgandakan Keuntungan Bisnis Pakaian

Apabila sebelumnya kita pernah menjadi seorang dropshipper atau reseller untuk orang lain, pada tahap yang satu ini sudah waktunya kita untuk membuka peluang usaha tersebut.

Kita sudah bisa mulai melipat gandakan keuntungan bisnis kita dengan cara membuka peluang untuk para dropshipper dan reseller yang lain. Apabila kita mempunyai toko offline, maka kita juga bisa membuka cabang toko pakaian kita di lokasi strategis yang lainnya.

9. Menawarkan dan Mempromosikan Produk

Memberikan promo seperti diskon atau cashback memang sesekali perlu kita lakukan untuk menarik perhatian calon customer yang datang ke bisnis pakaian kita. Hal ini juga bisa membuat pelanggan kita lebih sering membeli produk dan menjadikan mereka lebih loyal.

Tidak harus sering memberikan promo, kita bisa memberikan diskon di hari-hari tertentu saja, seperti di hari belanja nasional, hari ulang tahun toko, dan masih banyak lagi hari yang lainnya.

10. Mengikuti Tren Terkini

Tren di dunia fashion yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman, harus menuntut kita untuk terus teliti dalam melihat tren model dan gaya yang sedang populer untuk bisnis pakaian.

Selain menyesuaikan produk dengan tren, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah konsisten dalam mempertahankan kualitas usaha pakaian kita. Dengan begitu kita bisa membangun kepercayaan pelanggan supaya bisnis pakaian kita semakin berkembang dan sukses.

Dari 10 tips di atas, hal paling penting yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis pakaian adalah semangat dan pantang menyerah. Tidak ada bisnis yang mudah, kita harus berusaha terlebih dahulu sebelum bisnis pakaian kita bisa sukses.