tips dan cara memulai usaha

Untuk memulai sebuah usaha dari nol memang bukan hal yang mudah untuk kita lakukan. Tidak hanya sebatas membutuhkan modal saja loh, kita juga harus memiliki tekad kuat, usaha yang keras, serta kemauan untuk tetap terus belajar bisnis. Kita bisa melihat berbagai kisah inspirasional dari para pengusaha besar seperti Chairul Tanjung, Iwan Suwito, atau Susi Pudjiastuti yang sudah berjuang keras dari nol sampai mereka bisa sukses seperti sekarang ini.

Jadi, bagi apabila kita masih merasa takut untuk memulai sebuah usaha, kini sudah saatnya kita untuk mengubah mindset atau pola pikir dengan cara menghilangkan prasangka yang kurang baik, kalau untuk memulai bisnis dari nol adalah sesuatu yang mustahil untuk kita lakukan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mulai membangun sebuah usaha.

Namun, sebelum kita memutuskan untuk mulai membangun sebuah usaha, sebagai langkah awal, ada baiknya kalau kita mengikuti beberapa tips sukses yang ada dibawah ini.

Tips dan Cara Memulai Usaha dari NOL Sampai Sukses

tips belajar dan cara memulai usaha

1. Menyesuaikan Usaha dengan passion

usaha sesuai passion

Tidak peduli sesering apapun kita mendengarkan kata itu, yang jelas passion adalah salah satu faktor terpenting untuk mulai membangun sebuah usaha. Bahkan, bukan hanya sebatas untuk memulainya saja loh, passion juga sangat dibutuhkan untuk mengelola usaha tersebut sampai benar-benar sukses.

Untuk mulai menjalankan sebuah usaha, kita akan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan semua lininya. Jadi, apabila usaha yang kita mulai tersebut tidak berdasarkan kesukaan dan kecintaan, maka seluruh waktu yang kita habiskan untuk membangun usaha dari nol tersebut akan terasa seperti beban yang sangat berat untuk dijalani.

2. Menyusun business plan sebaik mungkin

menyusun business plan

Memulai sebuah usaha dari nol berarti kita harus mempersiapkan perencanaan yang matang, dan semua rencana itu kita tuangkan dalam business plan.

Business plan yang baik adalah kunci kesuksesan dalam membangun sebuah usaha. Kita harus bisa membuat pemetaan rencana untuk beberapa tahun ke depan. Kita harus memiliki tujuan apa yang ingin diraih, dan dengan cara apa kita akan meraihnya.

Ada berbagai alasan, kenapa business plan dijadikan sebagai faktor yang penting sebelum kita memulai bisnis, beberapa diantaranya adalah untuk memudahkan kita dalam mendapatkan pinjaman modal usaha, untuk menilai apakah bisnis kita memungkinan untuk dimulai, sekaligus sebagai salah satu cara untuk meyakinkan investor agar bisa bergabung bersama visi kita.

3. Mempelajari pasar terlebih dahulu


Senjata utama dalam memulai usaha dari nol adalah riset pasar yang komprehensif. Selama melakukan riset pasar, kita perlu melihat dan mempelajari dinamikanya, siapa saja kompetitornya, serta bagaimana karakteristik dari pasar yang kita targetkan.

Kita juga bisa menemukan celah mana yang dapat kita manfaatkan. Memulai sebuah usaha tanpa memahami pasar terlebih dahulu, sama saja dengan menyimpan bom waktu. Mungkin tidak sekarang, tapi usaha yang sudah kita bangun dari nol sewaktu-waktu bisa runtuh kapan saja.

4. Menentukan produk

tentukan produk

Sebelum kita memulai usaha, kita harus menentukan produk apa yang akan kita tawarkan kepada calon pembeli. Baik itu berupa jasa maupun barang. Produk yang kita tawarkan haruslah berupa solusi yang bisa memudahkan calon pembeli kita. Hal inilah yang menjadikan riset pasar sebagai langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum kita memulai usaha.

Dari hasil riset pasar yang mendalam, kita bisa mengetahui persis produk apa yang cocok untuk pasar yang kita targetkan. Setelah menentukan produk yang tepat untuk kita pasarkan, kita bisa langsung melakukan uji coba pasar. Keluarkan produk andalan kita ke pasar terbatas, semisal di lingkungan keluarga, tetangga, atau pertemanan kita.

Namun, pastikan juga bahwa hasil percobaan yang sudah kita lakukan memang pas dengan pasar yang ingin kita target. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk andalan kita memiliki tempat di pasar.

5. Meningkatkan kemampuan

tingkatkan kemampuan

Saat ingin memulai usaha dari nol, berarti kita harus belajar, terus belajar dan tetap belajar. Masih banyak ilmu yang perlu kita kuasai agar usaha yang kita bangun bisa sukses.

Beberapa kemampuan yang harus kita miliki sebelum memulai usaha diantaranya ialah melakukan penjualan, pemasaran, menjalin sebuah relasi dan jaringan adalah hal yang harus kita kuasai.

Oleh sebab itu, cara memulai usaha yang baik adalah dengan rajin mengikuti berbagai seminar, workshop, online course, ataupun mentoring.

Kita juga bisa mempelajari berbagai kisah dari pebisnis yang sudah berhasil memulai dari nol sampai sukses. Dari kisah mereka kita bisa mempelajari berbagai kegagalan yang mereka alami, serta bagaimana cara memotivasi diri untuk bisa bangkit dari kegagalan tersebut.

6. Meluncurkan usaha


Setelah kita melakukan berbagai perencanaan dan persiapan, maka yang perlu kita lakukan berikutnya adalah meluncurkan usaha. Ingat, untuk memulai usaha dari nol bukanlah sesuatu yang mustahil selagi kita mau terus berusaha. Jangan pernah mundur ketika ada yang tidak berjalan sesuai dengan rencana kita.

Hal itu merupakan tantangan yang pasti akan dihadapi oleh setiap pengusaha sukses. Dari situ, kita bisa belajar cara menyesuaikan diri dengan dunia usaha yang selalu berubah setiap waktunya.

Kita juga bisa belajar bagaimana cara mengatur ulang strategi dalam waktu yang singkat untuk menjawab semua tantangan dalam membangun usaha.

7. Melakukan evaluasi

lakukan evaluasi

Setiap pebisnis yang baru saja merintis usahanya, pasti mereka pernah melakukan berbagai kesalahan sepanjang perjalanannya.

Namun, mereka berhasil memperbaiki satu persatu kesalahan tersebut sampai bisa sukses seperti sekarang, karena mereka sering melakukan evaluasi dari setiap kesalahan saat mengambil keputusan.

Jadi, jangan pernah menyepelekan evaluasi saat merintis sebuah usaha. Untuk itu kiranya penting untuk menyimpan segala catatan secara detail sebagai bahan evaluasi yang lebih komprehensif.

Untuk mempermudah proses evaluasi kita, kita perlu menyiapkan buku tebal untuk catatan evaluasi yang dimana kita bisa memantau harga beli untuk setiap barang yang sudah dijual. Catatan tersebut bisa membantu kita memantau usaha yang kita rintis, menghitung rata-rata pengeluaran hingga memantau laba bersih dan kotor yang kita dapat dari penjualan produk.

8. Meningkatkan kualitas produk


Setelah kita melakukan berbagai evaluasi, maka gunakan hasilnya untuk meningkatkan kualitas produk yang kita jual. Jangan ragu untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik lagi, karena tidak ada perusahaan yang puas pada satu produk saja.

Apabila kita tidak meningkatkan kualitas produk, maka seluruh kerja keras kita dalam membangun usaha dari nol akan sia-sia saja.

9. Memiliki layanan pelanggan yang baik

memiliki layanan pelanggan yang baik

Pada awal berjalannya usaha pasti akan menemukan berbagai kesalahan. Nah, dari semua kesalahan ini mungkin saja akan menghasilkan komplain dari beberapa pelanggan kita. Oleh karena itu, kita harus memiliki layanan pelanggan yang baik, ramah, informatif, serta solutif dalam menyelesaikan keluhan pelanggan.

Hal tersebut akan berguna ketika pelanggan mengajukan komplain, kita bisa memberikan solusi yang bersifat win-win. Dengan demikian kekecewaan pelanggan kita bisa terselesaikan dan usaha yang sudah kita bangun dari nol itu tidak akan tercoreng namanya.

10. Melakukan Scale up bisnis

lakukan scale up bisnis

Memulai usaha dari nol tentunya sebuah prestasi yang membanggakan. Namun, prestasi kita tidak bisa berhenti disitu saja. Untuk menjalankan usaha sampai sukses, kita harus melakukan scale up bisnis kita, meningkatkan dan memperbesar usaha kita agar bisa semakin memiliki cengkraman kuat yang kuat di pasar.

Semisal, kita membuka satu buah toko emas di satu lokasi. Tentu saja kita tidak bisa selamanya mengandalkan satu gerai saja. Kita harus membuka cabang di lokasi lain baik itu dengan skema waralaba atau yang lainnya.

Namun, poin terpenting dalam melakukan scale up adalah menjaga konsistensi kualitas produk kita. Jangan sampai setelah melakukan scale up, kualitas produk kita malah menurun dengan tajam. Kerja keras kita selama bertahun tahun untuk membangun usaha dari nol akan sia-sia saja.

Nah, bagaimana dengan kamu?

menentukan usaha

Sebenarnya, ada banyak cara memulai usaha yang bisa kita lakukan. Namun, kemauan dan tekad kuat lah yang bisa membuat usaha kita berjalan dengan lancar. Apabila kita hanya bermimpi menjadi pengusaha saja, tanpa adanya kemauan untuk memulai, maka mimpi itu tidak akan pernah terwujud sampai kapanpun.

Semoga dari sepuluh tips cara memulai usaha di atas bisa memberikan sedikit wawasan buat kamu, kalau perjalanan dari nol sampai sukses itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk kita wujudkan.