Cara Mengajukan Pinjaman di Aplikasi Kredit Pintar (KP) Supaya Cepat ACC - Bisnis dan Usaha
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajukan Pinjaman di Aplikasi Kredit Pintar (KP) Supaya Cepat ACC

Kredit Pintar adalah pinjaman online tanpa jaminan. Aplikasi pinjaman uang satu ini termasuk kedalam salah satu yang paling agresif dalam beriklan

Konten [Tampil]
mengajukan-pinjaman-di-kredit-pintar

Kredit Pintar adalah pinjaman online tanpa jaminan. Aplikasi pinjaman uang yang satu ini termasuk kedalam salah satu yang paling agresif dalam beriklan di sosial media. Data menunjukkan kalau Kredit Pintar sebagai aplikasi pinjaman uang melalui online yang paling laris dan banyak diunduh di Google Play Store.

Kredit Pintar Berdiri sejak Mei 2018 yang lalu, dengan nama PT. Kredit Pintar Indonesia yang sudah legal dan terdaftar di OJK sebagai P2P Lending. Sejak saat itu, pertumbuhan aplikasi pinjaman uang di platform ini semakin tumbuh saja.

Menurut publikasi resmi di platform P2P Internasional Mintos, PT Kredit Pintar Indonesia mencairkan pinjaman online ke nasabahnya sebanyak 4.5 juta kali, dengan nilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4 Triliun lebih sampai saat ini.

Jumlah yang sangat fantastis apabila mengingat PT Kredit Pintar ini baru beroperasi pada tahun 2018. Tidak sampai setahun, pinjaman yang diberikan sudah tumbuh dengan pesat.

Kredit Pintar juga didukung oleh investor institusi dari China dan beberapa investor lembaga dari Indonesia. China sendiri memang sudah terkenal sebagai negara yang dimana pertumbuhan pinjaman onlinenya paling cepat.

Sebelum kita mengajukan pinjaman di aplikasi Kredit Pintar (KP), alangkah baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu Bunga Pinjaman dan semua persyaratan pengajuannya supaya cepat di ACC.

Bunga Pinjaman Kredit Pintar (KP)

bunga-pinjaman-aplikasi-kredit-pintar

Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda di setiap jumlah plafon pinjaman. Ada beberapa pilihan terkait jumlah pinjaman yang ditawarkan oleh Kredit Pintar.

Untuk menghitung jumlah suku bunga yang dibebankan oleh Kredit Pintar, maka kita perlu menghitung:
  1. Jumlah dana yang kita terima di rekening kita saat pencairan, dan
  2. Jumlah pelunasan yang harus dibayarkan saat jatuh tempo.
Dengan menghitung menggunakan angka ini, maka kita bisa mendapatkan perhitungan suku bunga yang akurat.

Mari kita lihat perhitungan bunga di aplikasi pinjaman uang kredit pintar.
  • Plafon pinjaman Rp 600,000 dan tenor pembayaran 14 hari. Dana cair ke rekening Rp 540,000 dan jumlah pengembalian pinjaman Rp 666,000. Jumlah bunga pinjamannya adalah 18.92% dan 1.4% per hari.
  • Plafon pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor pembayaran 14 hari. Dana cair ke rekening Rp 1,080,000 dan jumlah pengembalian pinjaman Rp 1,332,000. Jumlah bunga pinjamannya adalah 18.92% dan 1.4% per hari.
  • Plafon pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor pembayaran 28 hari. Dana cair ke rekening Rp 1,056,000 dan jumlah pengembalian pinjaman Rp 1,392,000. Jumlah bunga pinjamannya adalah 24.14% dan 0.9% per hari.
  • Plafon pinjaman Rp 2,300,000 dan tenor pembayaran 28 hari. Dana cair ke rekening Rp 1,955,000 dan jumlah pengembalian pinjaman Rp 2,645,100. Jumlah bunga pinjamannya adalah 26.09% dan 0.3% per hari.
Itulah ringkasan bunga, pembayaran pinjaman dan jumlah biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman di Aplikasi Kredit Pintar

syarat-pengajuan-pinjaman-di-kredit-pintar

Sebelum mengajukan pinjaman, kita harus memenuhi beberapa persyaratan dibawah ini:
  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimal 18 - 55 tahun.
  3. Memiliki identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  4. Memiliki rekening Bank sesuai dengan KTP.
  5. Berdomisili di Indonesia.
  6. Dokumen dan Data tambahan lain yang diperlukan.
Itulah beberapa persyaratan yang diperlukan supaya bisa di ACC. Kemudian, bagaimana cara mengajukan pinjaman di aplikasi Kredit Pintar?

Cara Mengajukan Pinjaman di Aplikasi Kredit Pintar

pengajuan-pinjaman-di-kredit-pintar

Berikut ini merupakan cara mengajukan pinjaman online di aplikasi Kredit Pintar yang baik dan benar, supaya mudah di ACC dengan cepat.
  1. Unduh dan buka aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store.
  2. Masukan nomor ponsel untuk pendaftaran.
  3. Tentukan plafon pinjaman dan tenor kredit yang akan diambil.
  4. Izinkan aplikasi Kredit Pintar untuk mengakses data yang ada di ponsel untuk memproses pengajuan.
  5. Ambil foto KTP dengan kamera smartphone.
  6. Lakukan Selfi sambil memegang KTP.
  7. Masukkan data pribadi.
  8. Masukkan data pekerjaan.
  9. Masukkan data tempat tinggal.
  10. Masukkan data kontak darurat.
  11. Masukkan rekening bank yang sesuai dengan KTP untuk pencairan.
  12. Lakukan pengajuan, dan tunggu hasilnya.

Langkah-Langkah Pengajuan Pinjaman Online di Aplikasi Kredit Pintar

langkah-dan-cara-mengajukan-pinjaman-di-kredit-pintar

Kredit Pintar (KP) memberikan pinjaman hanya melalui aplikasi saja, dan oleh sebab itu calon nasabah harus mengunduh aplikasi Kredit Pintar terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store.

Plafon pinjaman yang diberikan relatif kecil dan bertenor pendek. Boleh disebut kalau Kredit Pintar adalah jenis pinjaman cash-loan.

Aplikasi pinjaman uang yang satu ini menawarkan proses kredit yang mudah dan cepat, karena nasabah hanya diminta ktp dan foto selfie saja. Tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa survey dan bisa cair dalam waktu 24 jam.

Meskipun bukan dengan bunga pinjaman yang murah. Tidak hanya sebatas bunganya saja, tetapi biaya admin yang juga tidak kalah tinggi.

1. Unduh Aplikasi Kredit Pintar

Langkah pertama yang harus dilakukan calon peminjam adalah mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store. Karena Kredit Pintar hanya menerima pengajuan pinjaman melalui aplikasi saja.

Kredit Pintar tidak menerima pengajuan melalui website. Oleh karena itu, calon peminjam harus memiliki smartphone yang memadai supaya bisa memasang aplikasi pinjaman uang melalui online, mengambil foto selfie dan upload foto KTP.

Saat mengunduh aplikasi pinjaman uang ini, Kredit Pintar akan meminta sejumlah akses data ke smartphone kita, yaitu kamera, lokasi dan galeri atau memori. Sesuai dengan ketentuan OK terbaru, aplikasi pinjaman uang melalui online hanya diperbolehkan mengambil data dari kamera, lokasi, dan galeri atau memori saja.

2. Memilih Plafon Pinjaman

Langkah berikutnya adalah memilih plafon pinjaman yang akan diajukan. Berbeda dengan KTA di bank pada umumnya, yang dimana nasabah bisa menentukan plafon pinjaman dan tenor pembayaran, Kredit Pintar sudah menetapkan pilihan jumlah plafon pinjaman dengan tenor pinjaman masing - masing.

Ada 4 pilihan plafon pinjaman online cepat cair yang ditawarkan oleh Kredit Pintar, yaitu:
  • Rp 600,000 dan 14 hari.
  • Rp 1,200,000 dan 14 hari.
  • Rp 1,200,000 dan 28 hari.
  • Rp 2,300,000 dan 3 bulan.
Calon nasabah aplikasi pinjaman uang di Kredit Pintar harus memilih salah satu opsi yang ada diatas. Kita tidak bisa memilih di luar pilihan yang ada diatas.

3. Mengisi Aplikasi

Setelah kita memilih plafon pinjaman dan tenor pembayaran, maka kita lanjut ke step yang berikutnya, yaitu mengisi data.
  • Ambil foto KTP dan foto selfie kita sambil memegang KTP. Pastikan kalau e-KTP dan foto selfi memegang KTP sudah jelas dan tidak blur. Apabila KTP tidak bisa dibaca oleh sistem Kredit Pintar, kemungkinan aplikasi pinjaman uang kita akan ditolak.
  • Isi semua data pribadi yang meliputi: email, nama ibu kandung, pendidikan, status perkawinan, kontak darurat, tempat tinggal, pekerjaan, dan rekening bank.
Kita harus menyediakan dua kontak darurat dengan hubungan yang jelas dan keluarga terdekat kita. Nama dan nomor telepon kontak darurat juga harus disediakan.

Rekening bank harus atas nama kita sendiri dan tidak bisa menggunakan rekening milik orang lain. Pengisian nama di rekening bank juga harus persis dengan nama yang ada di KTP ( jangan ada yang disingkat). Akibatnya, pengajuan pinjaman uang di Kredit Pintar akan ditolak saat pencairan dan meminta rekening bank yang baru.

Oleh karena itu, pastikan dulu sebelumnya kalau rekening bank yang digunakan sama persis dengan yang ada di KTP. Pastikan juga jangan ada perbedaan, misalnya saja mengenai nama yang di singkat atau penulisan gelar.

4. Proses Pinjaman dan Pencairan

Setelah kita selesai melakukan pengisian data, selanjutnya klik ajukan pinjaman.

Dalam waktu kurang dari 24 jam, hasil pengajuan di aplikasi pinjaman uang Kredit Pintar akan di informasikan melalui online. Apabila disetujui, maka dana akan langsung dicairkan ke rekening bank kita.

Kita bisa melihat detail plafon pinjaman kita di aplikasi Kredit Pintar. Jumlah pinjaman yang akan dicairkan, jatuh tempo dan biaya-biaya yang lainnya.

Cara Melakukan Pembayaran di Aplikasi Kredit Pintar

pembayaran-pinjaman-di-kredit-pintar

Pembayaran di aplikasi pinjaman uang Kredit Pintar dilakukan dengan menggunakan dua pilihan:
  • Melalui bank dengan menggunakan virtual account.
  • Membayar di Alfamart dan Indomaret.
Cara melakukan pembayaran pinjaman di Kredit Pintar bisa melalui bank BNI, BRI, BCA dan Mandiri.

Catatan Penting: “Pihak Kredit Pintar TIDAK PERNAH meminta pembayaran yang melalui REKENING PRIBADI. Semua informasi tagihan dan pembayaran bisa dilihat dalam aplikasi”.

Pembayaran lebih cepat tidak akan dikenakan pengurangan bunga. Hal itu yang pernah dialami saat ingin membayar lebih cepat dari tanggal jatuh tempo, tetapi jumlah pelunasan di aplikasi pinjaman uang Kredit Pintar tetap sama.