7 Tips dan Cara Menghindari Aplikasi Pinjaman Uang Melalui Online yang Ilegal - Bisnis dan Usaha
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips dan Cara Menghindari Aplikasi Pinjaman Uang Melalui Online yang Ilegal

Tips dan Cara Menghindari Aplikasi Pinjaman Uang Melalui Online yang Ilegal, Saat ini, masih banyak sekali spam penawaran dari aplikasi pinjaman uang

Konten [Tampil]
tips-dan-cara-atasi-teror-aplikasi-pinjaman-uang-online

Saat ini, masih ada banyak sekali spam penawaran dari aplikasi pinjaman uang melalui online ilegal melalui WhatsApp dan SMS.

bunga dan tenor pinjaman yang ditawarkan juga sangat besar dengan tenor pembayaran 7 hari saja. Nah, apabila kita mendapatkan penawaran seperti itu, maka kita harus berhati-hati.

Sebab, hal tersebut merupakan salah satu ciri dari aplikasi pinjaman uang melalui online yang ilegal.

Untuk itu kita harus bisa mewaspadainya supaya kita tidak terjebak dan terjerat dengan aplikasi pinjaman uang melalui online yang ilegal.

Baca Juga:



Kemudian, bagaimana cara menghindari aplikasi pinjaman uang melalui online yang ilegal?

7 Tips dan Cara Menghindari Aplikasi Pinjaman Uang Melalui Online yang Ilegal

Dikutip dari akun Instagram resmi Kominfo, berikut ini merupakan 7 tips cara menghindari aplikasi pinjaman uang melalui online yang ilegal:

1. Hindari Iklan Ajakan atau Undangan Melalui WhatsApp dan SMS

Banyak sekali korban aplikasi pinjaman uang melalui online yang ilegal, kebanyakan dari mereka mengajukan pinjaman online ilegal tersebut dari ajakan atau undangan melalui pesan WhatsApp dan SMS. Laporkan nomor tersebut kepada pihak yang berwenang apabila kita tidak ingin terjerat.

2. Cek Legalitas Aplikasi Pinjaman Uang Melalui Online di situs resmi ojk.go.id

Gunakan fintech (financial technology) peer to peer lending yang sudah resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan hanya karena di aplikasi terdapat logo OJK, maka kita langsung percaya begitu saja kalau aplikasi pinjaman uang atau fintech tersebut legal.

3. Pastikan Legalitas dan Rekam Jejak Digital Aplikasi Pinjaman Uang Melalui Online

Cek legalitas dan rekam jejak digital perusahaan pinjaman online tersebut untuk memastikan kalau alamat kantor atau pengurus yang jelas, beserta dengan ulasan nasabah aplikasi pinjaman uang tersebut.

4. Hindari Aplikasi Pinjaman Uang dengan Bunga yang Besar

Hindari aplikasi pinjaman uang dengan bunga yang besar. Jangan mudah percaya sama iklan aneh yang sering mengatasnamakan OJK atau perusahaan fintech tertentu.

5. Teliti dengan Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Beberapa aplikasi pinjaman uang melalui online ini sering melakukan pemerasan dengan secara tidak langsung. Jadi, kita harus memahami terlebih dahulu isi dari syarat dan ketentuannya, jangan sampai kita terjebak.

6. Download Aplikasi Pinjaman Uang Melalui Google Play Store atay App Store 

Pastikan juga kalau kita mengunduh atau mendownload aplikasi pinjaman uang tersebut melalui platform resmi, misalnya saja di Google Play Store atau Apple App Store dan bisa juga langsung di website resmi penyedia fintech.

7. Waspada Penyalahgunaan Data Pribadi

Hindari persyaratan dari aplikasi pinjaman uang melalui online yang meminta izin untuk mengakses kontak di smartphone, galeri, kartu ATM, sampai meminta foto selfie kita yang sedang memegang kartu identitas seperti KTP atau idcard.