Segera buka url website cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat daftar penerima bantuan sosial / bansos PPKM tunai (BST) dari pemerintah Republik Indonesia. Bansos tunai / BST ini diadakan meringankan beban masyarakat miskin akibat krisis ekonomi di tengah wabah pandemi Covid-19.

bansos-ppkm-cekbansoskemensosgoid

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumny, kalau penyaluran bansos tunia/BST sebesar Rp 300.000 akan dilanjutkan pada periode Mei dan Juni 2021. Pemerintah akan mencairkan bansos tunai di dua periode tersebut pada bulan Juli ini.

Dengan demikian, maka masyarakat bisa menerima bansos PPKM tunai dengan sekaligus sebesar Rp 600.000. Rencananya, bansos tunai ini akan diberikan ke 10 juta penerima di Indoensia. Untuk masyarakat yang menjadi keluarga penerima manfaat (KPM) untuk bansos tunai Rp 600.000 ini bisa melihat daftar status penerima di cekbansos.kemensos.go.id.

Penyaluran bansos PPKM tunai ini akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH akan disalurkan melalui himpunan bank negara (Himbara). Berikut ini adalah cara cek penerima bansos tunai melalui link cekbansos.kemensos.go.id:
  1. Kunjungi url website https://cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  3. Masukkan nama penerima bansos tunai sesuai dengan KTP.
  4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode.
  5. Apabila tidak jelas huruf kodenya, klik gambar refresh untuk mendapatkan kode yang baru.
  6. Kemudian klik menu pencari data.
Cara cekbansos.kemensos.go.id penerima bansos tunai / BST melalui link ini bisa dilakukan mmelalui Smartphone/Hp dan laptop. Yang terpenting disini, sebelum membuka link website cekbansos.kemensos.go.id, pastikan kalau Anda memiliki koneksi internet.

Selain uang tunai Rp 600.000, pemerintah juga akan menambahkan paket beras 10 kg untuk penerima Bansos PPKM ini. Bantuan tambahan beras 10 kg juga akan diterima oleh para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang jumlahnya sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat (PKH).

Adapun besaran jumlah bantuan yang akan diterima oleh KPM dan sudah terdaftar sebagai penerima PKH beragam tergantung situasi dari keluarga penerima yang bersangkutan. Misalnya saja, untuk keluarga dengan ibu hamil dan anak usia balita akan mendapatkan uang tunai sejumlah Rp 3 juta.

Sementara itu, untuk keluarga yang memiliki anak SD maka dia akan mendapatkan bantuan sejumlah Rp 900.000, untuk anak yang sudah SMP mendapatkan Rp 1,5 juta, dan untuk anak yang sudah SMA akan mendapatkan Rp 2 juta. Sedangkan keluarga yang memiliki anggota disabilitas atau lansia juga akan mendapatkan Rp 2,4 juta.

Itulah cara cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat penerima bansos / BST. Semoga Anda termasuk salah satu penerima bansos tersebut.